Bank Umum adalah bank yang
menghimpun dan menyalurkan uang kepada masyarakat dan dalam kegiatannya
memberikan jasa lalu lintas keuangan. Macam-macam bank umum adalah:
-
BUMN yaitu bank yang sahamnya mayoritas milik
pemerintah.
-
Bank Pembangunan Daerah yaitu bank yang sahamnya
dimiliki oleh pemerintah daerah.
-
Bank Umum Koperasi yaitu bank yang sahamnya dimiliki
oleh badan usaha koperasi.
-
Bank Umum Swasta Nasional yaitu bank sahamnya dimiliki
oleh WNI.
-
Bank Umum Asing yaitu bank yang dimiliki oleh WNA dan
dijalankan di Indonesia.
-
Bank Campuran yaitu bank yang sahamnya dimiliki oleh
WNA dan WNI dan dijalankan di Indonesia.
Pada tanggal 26 April 2016 yang lalu saya dan Zulfatun Ulaini melakukan observasi di Bank Permata yang berlokasi di Jalan WR
Supratman No. 107, Kecamatan Tulungagung, Jawa Timur untuk
memenuhi tugas mata kuliah Hukum Perbankan di Indonesia. Observasi ini bertujuan agar mahasiswa dapat
mengetahui secara nyata bagaimana praktek perbankan berjalan saat ini.
Setelah menyiapkan skenario perbincangan yang akan dilakukan di bank,
sekitar pukul 11 siang saya dan Zulfatun menuju ke Bank Permata. Sesampainya di Bank Permata kami sempat grogi sebelum masuk ke kantornya karena
memang ini pertama kalinya bagi kami melakukan observasi langsung ke bank. Memasuki kantor Bank Permata kami disambut oleh satpam yang biasa
berjaga di belakang pintu masuk, lalu kami di tanya ada kepentingan apa, dan
kami menjawab bahwa kami bertujuan untuk membuka rekening dan akhirnya
ditunjukkan cara antri di customer service. Setelah itu kami duduk menunggu
panggilan antrian.
Di saat-saat penantian itulah kami merasa
gemetar karena nervous, maklum baru
pertama kalinya, kami juga sempat berdebat
siapa yang nanti akan
bertanya pada customer service. Dan akhirnya nomor antrian kami dipanggil, melangkahlah kami ke meja customer
service. Sampai di meja customer service, mbaknya menyambut kami
dengan baik dan ramah sekali. Ditanyalah kami kenapa berkunjun di bank itu.
Mbak CS : Ada yang bisa saya bantu mbak?
Saya : Ini mbak, saya niatnya mau
membuka rekening di sini tapi saya
ingin tau dulu produk-produknya apa saja. (Skenario kepo
dimulai)
Mbak CS : Oh iya mbak. Disini ada beberapa produk tabungan. (mulailah mbak nya menjelaskan produk tabungan serta syarat-syaratnya
dan memberkan brosur)
Mbak CS : Oh iya, mbak sebelumnya sudah punya rekening di bank lain kah?
Saya : Sudah mbak di BNI
Syariah. Tapi saya bingung dengan akad-akadnya yang agak ribet kalau menurut
saya.
Mbak CS : Kalau syariah memang pasti menggunakan akad-akad yang
seperti itu mbak.
Zulfatun : Oh gitu ya mbak, disini juga pakai seperti itu? (merasa salah bicara)
*Zulfatun dan saya senggol-senggolan
kaki*
Mbak CS : Iya mbak, disini juga seperti itu (memberikan brosur
dan menjelaskannya).
Setelah mendapatkan brosur kami membaca dan memahami.
Saya : Kalau kreditnya disini gimana mbak?
Mbak CS : Kalau kredit disini ada yang komersil dan tanpa agungan
(menjelaskan tanpa agunan dan memberikan brosur) mbaknya sudah kerja
belum?
Saya : Belum mbak.
Mbak CS : Oh kalau
misalnya mbak pegawai
negeri atau pegawai astra nanti ada keringanan, seperti di brosur ini. Mbak
masih kuliah atau apa?
Zulfatun : Masih kuliah mbak.
Mbak CS : Kuliah
dimana?
Zulfatun : Di IAIN Tulungagung mbak.
Mbak CS : Ambil jurusan
apa mbak?
Zulfatun & saya : Hukum ekonomi syariah mbak.
*saya dan Zulfatun saling
berpandangan, lagi-lagi merasa salah bicara*
Mbak CS : Oh hukum
ekonomi, mbaknya ada tugas makalah atau apa?
Zulfatun : Bukan tugas makalah sih mbak, tugas observasi saja.
*Zulfa dan Zulfatun (mulai panik)*
Mbak CS : Oh
tanya-tanya gitu ya mbak? Mbaknya mau tanya apa wes nanti saya
jawab (sembari senyum)
*Alhamdulillah. Kami merasa lega*
Mendapat respon
baik dari mbak customer service membuat kami menjadi nyaman dan tidak
merasa was-was lagi untuk bertanya-tanya lebih jauh mengenai produk-produk dari
bank tersebut. Setelah kurang lebih 30 menit berlalu dan kami merasa cukup
mendapatkan informasi mengenai produk-produk tersebut akhirnya kami memutuskan
untuk mengakhiri percakapan dan berpamitan. Keluar dari kantor Bank Permata
saya tersenyum lega. Akhirnya selesai juga, pengalaman observasi ini
menegangkan dan berkesan untuk diri saya pribadi.
Berikut hasil observasi yang
telah saya dan Zulfatun lakukan mengenai Bank Permata.
Bank Permata adalah bank
hasil penggabungan dari 5 bank, yaitu PT Bank Bali Tbk, PT Bank Universal Tbk,
PT Bank Artamedia Tbk, PT Bank Patriot Tbk dan PT Bank Prima Ekspress pada
tahun 2002. Pemegang saham pada PT Bank Permata Tbk adalah PT Astra
Internasional Tbk, Standard Chartered Bank dan masyarakat.
Bank Permata memberikan
berbagai produk untuk nasabahnya, berupa simpanan dan kredit. Jenis simpanan
yang disediakan adalah tabungan anak, tabungan remaja, tabungan dewasa,
tabungan berjangka dan giro. Sedangkan jening kredit yang disediakan adalah
kredit tanpa agunan.
Di sisi lain, telah
dilakukan observasi oleh teman sekelompok kami yang lain pada bank-bank di
sekitar Tulungagung yaitu pada Bank Syariah Mandiri, BPR Mitra Agung Mandiri
dan BMT Dinar Amanu. Di bawah ini merupakan tabel produk-produk yang disediakan
di Bank Permata dengan Bank Syariah Mandiri dan BPR Mitra Agung Mandiri dengan
BMT Dinar Amanu agar mudah untuk dibedakan antar bank.
Tabel 1. Tabel Produk Bank Permata
Nama Bank
|
Produk
|
Persyaratan
|
Fasilitas
|
Keuntungan
|
Bank Permata
|
Simpanan
-
Tabungan Anak (Permata Bintang)
-
Tabungan Remaja (PermataMe)
-
Tabungan Dewasa (Permata Tabungan Bebas)
-
Tabungan Berjangka
Giro
-
Giro
-
Giro Ganda
|
Tabungan Anak
-
Kartu identitas orang tua
-
Nomor pokok wajib pajak
-
Akta kelahiran anak atau Kartu Keluarga (anak berumur <17 th)
|
Permata ATM
Permata Mobile
Permata Net
Permata Tel
|
-
Bebas biaya administrasi untuk saldo rata-rata ≥50ribu
-
Bebas biaya Tarik tunai di ATM lain apabila saldo sebelum transaksi ≥5juta
|
Tabungan Remaja
-
Jenis tabungan ini melanjutkan tabungan anak untuk remaja berumur 17
tahun dan belum memiliki KTP
|
Permata ATM
Permata e-banking
|
-
Bebas menentuykan desain artu ATM
-
Gratis biaya administrasi keuangan
|
||
Tabungan Dewasa
-
Kartu identitas (KTP?SIM?PASPOR)
-
NPWP atau surat pernyataan
tidak mempunyai NPWP
-
Mengisi formulir pembukaan rekening dan dokumen pendukung lainnya.
-
Menandatangani specimen tandatangan
-
Saldo awal yang harus disetor 250ribu
|
Permata ATM
Permata Net
Permata Mobile
|
-
Bebas biaya administrasi bulanan apabila saldo rata-rata bulanan
>5juta
-
Bebas biaya Tarik tunai di ATM lain apabila saldo >5juta.
-
Hemat waktu dengan layanan permata e-banking
-
Bebas biaya transfer online apabila saldo ≥5juta sebelum transaksi
|
||
Tabungan Masa Depan
-
Memiliki rekening Giro atau tabungan perorangan lainnya di Permata
Bank
-
Usia nasabah ketika pembukaan rekening minimal 18 tahun dan maksimal
60 tahun atau pada saat tabungan jatuh tempo maksimal usia nasabah 65 tahun.
|
|
-
Fleksibel, bebas menentukan nilai setoran awal, setoran bulanan,
jangka waktu menabung dan jenis mata uang (IDR/USD)
-
Gratis perlindungan asuransi jiwa
-
Ringan (nilai setoran awal dan setoran bulanan mulai dari 100ribu dan
ringannya biaya administrasi bulanan 2500)
-
Aman dan dana nasabah pada bank dijamin oleh LPS
|
||
Giro
-
Kartu identitas
-
NPWP
-
Surat referensi
-
Mengisi formulir pembukaan rekening dan dokumen pendukung lainnya
-
Menandatangani specimen tanda tangan
|
Kartu giro perusahaan
Layanan permata e-bussines
Permata ATM
Cek
Bilyet giro
|
-
Fleksibel, bertransaksi di seluruh cabang permata bank
-
Bebas biaya transaksi Tarik tunai di ATM lain apabila saldo sebelum
transaksi minimum 5juta
|
||
Giro Ganda
-
Kartu identitas
-
NPWP
-
Surat referensi
-
Mengisi formulir pembukaan rekening dan dokumen pendukung lainnya
-
Menandatangani specimen tanda tangan
|
|
-
|
||
|
Kredit
-
Kredit Tanpa Agunan
|
-
WNI yang berdomisili di Indonesia
-
Usia 21-60 tahun
-
Penghasilan minimum 3 juta
-
Kelengkapan dokumen saat pengajuan, antara lain:
-
Aplikasi lengkap
-
Fotocopy KTP
-
Fotocopy NPWP
-
Kartu kredit untuk pengajuan regular
-
apabila nasabah permata bank mempunyai rekening minimal 3 bulan
dengan saldo minimal 10juta
-
Untuk karyawan astra minimum penghasilan 2 juta per bulan
-
|
|
-
Bunga rendah dan kompetitif
-
Cicilan tetap
-
Pencairan dana permata KTA akan ditransfer langsung ke rekening
-
Kemudahan pembayaran dengan metode auto debit langsung dari rekening
di permata bank pada tanggal jatuh tempo
-
Produk perlindungan asuransi jiwa
|
Table
2. Tabel Produk Bank Syariah Mandiri
Produk
|
Macam-Macam
|
Persyaratan
|
Fitur & Bayar
|
Manfaat
|
Tabungan
|
-
Tabungan BSM
|
·
Perorangan:
· WargaNegaraIndonesia:KTP/SIM/Paspor
· Warna Negara Asing: Paspor dan Kartu Izin Menetap
Sementara (KIM/KITAS).
·
Non-Perorangan:
·
Badan Hukum:
·
Bukti
diri/identitas pengurus berupa fotokopi KTP/KITAS/Paspor seluruh pengurus
sesuai dengan Anggaran Dasar
·
Akte Pendirian/Anggaran
Dasar dan Akta Perubahan
·
Surat keterangan
domisili, SIUP/Ijin usaha dari instansi yang berwenang, TDP, NPWP
·
Surat penunjukkan
khusus sebagai Kepala Cabang atau Kepala Bagian Keuangan/Bendaharawan dari
suatu Perusahaan /Badan /Instansi jika diperlukan
·
Non Badan Hukum:
·
Bukti
diri/identitas pengurus berupa fotokopi KTP/KITAS/Paspor seluruh pengurus
sesuai dengan Anggaran Dasar
·
Akta
Pendirian/Anggaran Dasar dan Akta Perubahan atau izin kegiatan atau tujuan
perkumpulan/organisasi dari instansi yang berwenang
·
Surat Keterangan
susunan pengurus perkumpulan/organisasi dan surat penunjukan bagi pihak-pihak
yang berwenang mewakili perkumpulan/ organisasi dalam melakukan hubungan
dengan bank.
|
·
Berdasarkan
prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah
·
Bagi
hasil yang kompetitif
·
Online di seluruh outlet BSM
·
Fasilitas
BSM Card yang berfungsi sebagai kartu ATM & debit dan kartu potongan
harga di merchant yang telah bekerjasama dengan BSM
·
Minimum
setoran awal: Rp80.000 (perorangan) dan Rp1.000.000 (non-perorangan)
·
Minimum
setoran berikutnya: Rp10.000
·
Saldo
minimum: Rp50.000
·
Biaya
tutup rekening: Rp20.000
·
Biaya
administrasi Rp7.000
|
·
Aman
dan terjamin
·
Kemudahan
bertransaksi di seluruh outlet BSM
·
Kemudahan
bertransaksi di manapun saja dengan menggunakan layanan e-banking BSM
·
Kemudahan
dalam penyaluran zakat, infaq dan sedekah.
|
-
BSM Tabungan
Mabrur
|
·
Kartu identitas
(KTP/SIM/Pasport) Nasabah
|
·
Berdasarkan
akad Mudharabah mutlaqqah
·
Tidak
dapat dicairkan kecuali untuk melunasi biaya penyelenggaraan biayaan haji dan
umrah
·
Setoran
awal minimal Rp. 100.000
·
Setoran
selanjutnya minimal Rp 100.0000
·
Saldo
minimal untuk didaftarkan ke SISKOHAT adalah Rp 25.100.000 atau sesuatu
ketentuan dari departemen agama
·
Biaya
penutupan rekening karena batal Rp 25.000
|
·
Aman
dan terjamin
·
Fasilitas
talangan haji untuk kemudahan mendapatkan porsi haji
·
Online
dengan siskohat departemen agama untuk pemudahan pendaftaran haji
|
|
-
BSM Tabungan
Investa Cendekia
|
·
Kartu
identitas: KTP/SIM/Paspor nasabah
·
Memiliki
Tabungan BSM sebagai rekening asal (source account).
|
·
Berdasarkan
prinsip syariah mudharabah muthlaqah
·
Periode
tabungan 1 s.d. 20 tahun
·
Usia
nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun saat jatuh tempo
·
Setoran
bulanan minimal Rp100.000 s.d. Rp10.000.000 dengan kelipatan Rp50.000
·
Bagi
hasil yang kompetitif
·
Jumlah
setoran bulanan dan periode tabungan tidak dapat diubah namun dapat dilakukan
setoran tambahan diluar setoran bulanan
|
·
Kemudahan
perencanaan keuangan masa depan, khususnya untuk biaya pendidikan putra/putri
·
Mendapatkan
perlindungan asuransi secara otomatis, tanpa melalui pemeriksaan kesehatan
|
|
-
BSM Tabungan
Berencana
|
·
Kartu
identitas: KTP/SIM/Paspor nasabah
·
Memiliki
rekening asal (source account) berbentuk Tabungan atau Giro di BSM
|
·
Berdasarkan
prinsip syariah mudharabah muthlaqah.
·
Bagi
hasil yang kompetiti
·
Periode
tabungan 1 s.d. 10 tahun
·
Usia
nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun saat jatuh tempo
·
Setoran
bulanan minimal Rp100 ribu
·
Target
dana minimal Rp1,2 juta dan maksimal Rp200 juta
·
Jumlah
setoran bulanan dan periode tabungan tidak dapat diubah
·
Tidak
dapat menerima setoran diluar setoran bulanan
·
Saldo
tabungan tidak bisa ditarik, dan bila ditutup sebelum jatuh tempo (akhir
biaya masa kontrak) akan dikenakan administrasi
|
·
Kemudahan
perencanaan keuangan Nasabah jangka panjang
·
Memperoleh jaminan
pencapaian target dana
·
Mendapatkan
perlindungan asuransi secara gratis dan otomatis, tanpa pemeriksaan kesehatan
·
Manfaat asuransi
adalah sebesar kekurangan target dana dari setoran bulanan yang telah
dibayarkan, sehingga manfaat asuransi dihitung dengan cara sbb.:
·
Manfaat asuransi =
Target dana – Jumlah pembayaran setoran bulanan pada saat klaim jumlah
pembayaran setoran bulanan pada saat klaim.
|
|
-
BSM Tabungan
Simpatik
|
·
Kartu
identitas: KTP/SIM/Paspor nasabah
|
·
Berdasarkan
prinsip syariah dengan akad Wadiah
·
Setoran
awal minimal Rp20.000 (tanpa ATM) & Rp30.000 (dengan ATM)
·
Setoran
berikutnya minimal Rp10.000
·
Saldo
minimal Rp20.000
·
Biaya
tutup rekening Rp10.000
·
Biaya
administrasi Rp2.000 per rekening per bulan atau sebesar bonus bulanan
(tidak memotong pokok)
·
Biaya
pemeliharaan kartu ATM Rp2.000 per bulan
|
·
Aman
dan terjamin
·
Online di seluruh outlet BSM
·
Bonus
bulanan yang diberikan sesuai dengan kebijakan BSM
·
Fasilitas
BSM Card, yang berfungsi sebagai kartu ATM & debit dan kartu potongan
harga di merchant yang telah bekerjasama dengan BSM
·
Fasilitas
e-Banking, yaitu BSM Mobile Banking & BSM Net Banking
·
Penyaluran
zakat, infaq dan sedekah
|
|
-
Tabunganku
|
Kartu identitas (KTP/SIM/Pasport) Nasabah
|
·
Berdasarkan akad
Wadi’ah ya ddhamanah
·
Fasilitas yaitu
ATM, DEBIT, E-Banking (BSM mobile banking dan BSM Net Banking)
·
Kemudahan dalam
penyaluran ZIZ
·
Biaya pemeliharaan
kartu tabungan 2000 (bila ada)
·
Setoran awal
minimum 20.000 dan setoran selanjutnya minimum 20.000
·
Saldo minimum
rekening (setelah penarikan) 20.000
·
Biaya penutupan
rekening atas permintaan nasabah 20.000
·
Jumlah minimum
penarikan di konter 100.000 kecuali saat tutup rekening
·
Rekening Dorman
(tidak ada stransaksi selama 6 bulan berturut-berturut: biaya penalty 2000
perbulan, apavila saldo rekening mencapai < 20.000 maka rekening akan
ditutup dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo
|
|
|
-
BSM Tabungan
Dollar
|
·
Kartu
Identitas: (KTP/SIM/Paspor) nasabah
·
NPWP
(jika ada).
|
·
Berdasarkan
prinsip syariah dengan akad wadi’ah yad dhamanah
·
Minimum
setoran awal USD100
·
Saldo
minimum USD100
·
Biaya
administrasi maksimum USD0,5 dan dapat mengurangi saldo minimal
Biaya
tutup rekening USD5
|
·
Dana
(USD) aman dan tersedia setiap saat
·
Online
di seluruh cabang BSM
·
Bonus
bulanan yang diberikan sesuai dengan kebijakan BSM
|
Tabel
3.Tabel Perbandingan Produk BMT Dinar Amanu dengan BPR Mitra Agung Mandiri
Nama Bank
|
Nama Produk
|
Persyaratan
|
BMT Dinar Amanu
|
a) 5 Jenis Pembiayaan
yaitu:
1. Musyarakah
2. Mudharabah
3. Pembiayaan
Bai’Bitsaman Ajil
4. Pembiayaan
Qordul Hasan
b) Produk Penghimpunan/
macam-macam tabungan BMT:
1. Simpanan
Pokok
2. Simpanan
Wajib
3. Simpanan
Pokok Khsus (saham)
4. Simpanan
sukarela dengan pola mudharabah ada 2:
1. Simpanan
mudharabah Biasa
2. Simpanan
Mudharabah Berjangka (deposito)
5. Simpanan
Investasi Khusus
6. Simpanan
Haji
7. Simpanan
Pensiun
8. Penghimpunan
Saham
|
Untuk Persyaratan semua produk yang ada di
BMT Donar Amanu adalah sebagai berikut:
1. Fotocopy
KTP Suami/Istri
2. Fotocopy
STNK
3. Fotocopy
BPKP/Sertifikat
4. Fotocopy
KK/Surat Nikah
5. Kwitansi/Surat
Kuasa belim atas nama.
· Masing-masing
Fotocopy 1 Lembar
|
Bpr Mitra Agung Mandiri
|
Macam-macam produk
tabungan:
1. Tabungan
Mitra
2. Tabungan
Unggul
3. Tabungan
Siswa
4. Tabungan
Kotak
|
Persyaratan Tabungan:
1. Foto
Copy KTP
|
Macam-macam produk
kredit:
1. Kredit
Modal Kerja
2. Kredit
Investasi
3. Kredit
Konsumer
4. Kredit
Multiguna
|
Persyaratan Kredit:
1. Foto
Copy KTP Suami + Istri
2. Foto
Copy Kartu Keluarga
3. FC.
Surat Nikah/Suarat Cerai/Surat Kematian
4. FC.
Agunan (Jaminan) seperti BPKB/STNK, Sertifikat, Akta Tanah.
5. Rekening
Listrik
6. Struk
Gaji Terbaru (Pegawai/Karyawan)
7. Foto
Copy SIUP, TDP, NPWP, (>50 Juta).
|
Kesimpulan:
Setelah
di analisis, menurut saya bank-bank yang telah disebutkan di atas telah
memenuhi kriteria sesuai dengan yang ada pada Undang-undang No 10 tahun 1998
tentang perubahan atas Undang0undang No 7 tahun 1992 tentang Perbankan.
Nilai 85
BalasHapusBoleh minta filenya
BalasHapus